Rabu, 02 Desember 2015

Indomie Mendunia!




Ketika bicara tentang Mi Instan ada 3 Hal menarik, yakni:
 
  1. Anak kost: karena mengkonsumsi mi instan  agar dapat  savingcost sampai akhir bulan.
  2. Warkop: karena hampir semua warung kopi menjual Indomie rebus & Goreng.
  3. Harganya murah & terjangkau semua kalangan dan proses penyajiannya praktis dan cepat.



Sejarah Mie Instan

  • Mi instan adalah mi yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu - bumbu yang sudah ada dalam paketnya.
  • Mi instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mi instan pertama di dunia Chicken Ramen(ramen adalah sejenis mi Jepang) rasa ayam. Peristiwa penting lainnya terjadi pada 1971 ketika Nissin memperkenalkan mi dalam gelas bermerek Cup Noodle. Kemasan mi adalah wadah styrofoam tahan air yang bisa digunakan untuk memasak mi tersebut. Inovasi berikutnya termasuk menambahkan sayuran kering ke gelas, melengkapi hidangan mi tersebut. Menurut sebuahsurvei Jepang pada tahun 2000, mi instan adalah ciptaan terbaik Jepang abad ke-20,. Hingga 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mi instan dikonsumsi setiap tahunnya di seluruh dunia.
   


Iklan Pertama Indomie sebagai tonggak Sejarah Mi Instan Indonesia





PEMBAHASAN
  • Indomie adalah merek produk mi instan dari Indonesia. Di Indonesia, Indomie diproduksi oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Produk dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai dibuat pertama kali pada tanggal 9 September 1970 dan dipasarkan ke konsumen sejak tahun 1972, dahulu diproduksi oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., dan pertama kali hadir dengan rasa Ayam dan Udang.
  • Lebih dari 20 tahun, PT Indofood Sukses Makmur Tbk memperkenalkan Indomie, produk mie instant. Kini, lndomie bukan hanya dikenal di negara tetangga dekat seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong hingga Taiwan. Namun, Indomie sudah terbang jauh ribuan kilometer, menjangkau lebih di 20 negara, baik diEropa, Timur Tengah, Afrika hingga Amerika. Di Sudan dan Libanon, Indomie hampir ada di setiap toko retail dan super market. Bahkan, Indofood juga membangun pabrik di sejumlah negara, seperti di Malaysia, Saudi Arabia, Nigeria, Suria hingga Mesir.

Macam – macam merk  mi instan
  • Indomie tidak sendiri dalam produk mi instan, di Indonesia saja cukup banyak kompetitornya, antara lain: Supermi, Sarimi, Salam Mie, Mi ABC, Gaga Mie, dan Mie Sedaap. Bahkan masih banyak lagi.
  • Indomie kemudian membuat gebrakan baru dengan membuat POP Mie produk  kemasan Cup. Pop mie dilunncurkan pada tahun 1978. dengan cup dari ukuran Kecil (35 gram), Sedang (57gram), dan Besar (80gram). hingga pada tahun 2013 POP Mie Makin Hits!





Proses Indomie Membangun Merk Di Luar Negeri
Ini adalah hasil kerja akumulasi secara konsisten sejak Indomie pertama kali diekspor pada 1992. Awalnya, Indofood membentuk Direktorat Ekspor dengan tugas fokus mengembangkan ekspor Indomie ke berbagai negara. Tim ini aktif mempelajari semua izin impor di setiap negara. Lantas, menetapkan target negara. Saat itu, sasaran utamanya, negara dengan jumlah tenaga kerja Indonesia paling banyak sehingga Indomie populer di Hong Kong, Taiwan, Arab Saudi dan lainnya. Bahkan, di Arab Saudi konsumen Indomie sudah masuk generasi kedua.

Saat pertama kali Indomie masuk pada 1990-an, mereka masih anak-anak, sekarang mereka sudah dewasa dan berkeluarga. Selain TKI, Indomie juga dibawa oleh para pelajar-pelajar Indonesia di luar negeri, sehingga Indomie juga populer di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Australia, negara yang menjadi tujuan pelajar Indonesia melanjutkan pendidikannya.


Bagaimana daya saing produk makanan asal Indonesia yang diekspor
Produk makanan Indonesia punya daya saing tinggi. Persoalannya, itu sangat bergantung pada bahan baku dan biaya operasional. Contohnya, untuk produk mie instant, biaya bahan baku mencapai 80 persen, sedangkan biaya operasional 20 persen. Jadi, bahan baku seperti gandum menjadi tantangannya karena sebagian besar diimpor.


Mengapa mie instant Indonesia cukup populer di mancanegara, padahal nilai ekspornya relatif kecil
Walaupun Nilai ekspor mie instan memang kecil. Namun, gaung Indomie sebagai brand Indonesia begitu terasa di Luar negri. Membangun brand itu sangat penting. Bahkan, jika brand itu sudah populer, nilainya bisa sampai 100 kali dari equity perusahaan.


Beberapa tahun lalu, Indomie pernah ditarik di Hong Kong
Karena persoalan tidak memenuhi standar keamanan, Itu dulu karena persoalan standard kecap manis. Padahal, standar keamanan kecap manis yang berlaku di Indonesia jauh lebih tinggi daripada standard di Hong Kong. Menurut saya, isu ini dulu lebih dipicu oleh faktor persaingan dagang mie instant. Sebab, Mie Goreng asal Indonesia populer di sana, di 7Eleven bisa dimasak, lalu makan sambil jalan. Di sekolah-sekolah, juga menjual Mie Goreng Indomie.

Manfaat & Dampak Indomie

Indomie diklaim sebagai makanan yang sehat dan bergizi oleh produsennya. Produk mi instan ini disebut memiliki berbagai kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, mineral zat besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan B12. Meskipun begitu, konsumsi Indomie yang terlalu sering tidak dianjurkan, sebab Indomie mengandung pewarna tartrazine yang tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang

Indomie Seleraku…… 



Hard Work isn’t for success but to a value - Albert Einstein
  

Thank You



Detail materi silahkan kunjungi Blog kami:

http://afifahnasution.blogspot.co.id/

Sn : melalui Buku "Made in Indonesia: The Best Indonesian Products of Top 100 Exporters" yang diterbitkan oleh Katadata pada akhir September 2013.
  

2 komentar:

  1. Bagus' tapi lebih bagus jika dimasukan tentang Strategi pasar, Tantangan san peluang dipasar manca negara...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus' tapi lebih bagus jika dimasukan tentang Strategi pasar, Tantangan san peluang dipasar manca negara...

      Hapus