Jumat, 23 Oktober 2015

Kecap Bango (Kecap No 1 basutan Unilever)

Image result for kecap bango diakuisisi unilever


Siapa tidak kenal kecap?

Kecap adalah teman santap sehari-hari di atas meja makan. Kecap juga bisa digunakan sebagai tambahan bumbu masak. Saat ini ada dua merek kecap nasional yang sedang bersaing untuk bisa disebut Kecap Nomer 1, yaitu Kecap ABC dan Kecap Bango.

Dua perusahaan kecap tersebut sekarang telah diakuisisi oleh perusahaan asing. Saham Kecap ABC dibeli Heinz sedangkan saham Kecap Bango dibeli Unilever. Dua-duanya bersaing ketat untuk menjadi Kecap Nomer 1.

Ulasan di sini lebih menggambarkan bagaimana Kecap Bango berusaha menyamai pesaingnya yang menjadi kecap nomer 1 yaitu Kecap ABC. Dua perusahaan kecap besar tersebut dibayang-bayangi oleh Kecap Indofood yang berada di urutan ketiga.

Awalnya Kecap Bango adalah usaha kecap lokal yang dimiliki oleh Tjoa Pit Boen yang pertama kali didirikan pada tahun 1928 di daerah Benteng, Tangerang, Jawa Barat. Nama Kecap Bango dibuat sebagai visi pemiliknya agar supaya dapat terbang tinggi hingga bisa go internasional di luar negeri. Sejak 1992 sebenarnya Kecap Bango sudah dilirik oleh Unilever, sebuah perusahaan besar dari Inggris. Akan tetapi di tahun 2001 barulah secara resmi Kecap Bango menjadi produk Unilever.

Strategi Unilever dalam mengorbitkan Bango merupakan strategi dasar yang selama ini telah mengantarkan kesuksesan bagi produk-produk Unilever lainnya, yaitu push market melalui distribusi yang dalam dan merata, dan pull market melalui promosi yang gencar. Meski bermain di kategori yang berbeda, Unilever tetap menggunakan pakem yang sama untuk mendongkrak penjualan Bango.

Selain menggeber promosi above the line, Unilever juga gencar melakukan kegiatan below the line. Salah satunya, kegiatan Piknik ala Bango. Pada kegiatan yang dimeriahkan dengan games dan lucky draw ini, koki yang disiapkan Unilever memeragakan cara memasak berbagai resep makanan yang menggunakan kecap Bango sebagai salah satu bahannya. Piknik ala Bango digelar di 50 kecamatan di 5 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar. 

Kesimpulan:

Dengan akuisisi suntikan dana yang besar dari Unilever, maka keberadaan Kecap Bango perlu diperhitungkan menjadi Kecap Nomer Satu melawan Kecap ABC dan Kecap Indofood.

Strategi kesuksesan Unilever mengantarkan Kecap Bango ke papan atas yaitu dengan promosi above the line dan below the line. Tujuannya tak lain untuk semakin mendekatkan merek kecap Bango kepada masyarakat.

1 komentar: