Jumat, 09 Oktober 2015

Karakteristik Pasar



A. Latar Belakang
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, atau bentuk pasar di mana salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri atas pasar monopoli, oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.

a.       PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Pasar monopoli memiliki ciri-ciri:
-  hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
-  tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip
-  produsen memiliki kekuatan menentukan harga
-   tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan
Sebab-sebab terjadi nya pasar monopoli:
-  penguasaan bahan mentah,
-  penguasaan teknik produksi tertentu,
-  pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten),
-  adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk),
-  adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,
-  memiliki modal yang besar (karena penggabungan perusahaan),
-  memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang lain,
b.      PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar
Oligopoli memiliki cirri-ciri:
-  Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
-  Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak
-  Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk
masuk ke dalam pasar
c.       PASAR MONOPOLISTIK
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.
                        Cirri –ciri dari pasar monopolistik:
-  Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
-   Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
-   Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
-  Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
-  Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.

B. Referensi / Dasar Teori
- Pratama, Rahardja. dan Manurung, Mandala. 2006. “Teori Ekonomi Mikro Suatu   Pengantar”. Jakarta: FE UI
- Sukirno., Sudono. 2008 ‘’Mikroekonomi teori pengantar”, Ed. 3-23, Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.

C. Contoh Produk
- Contoh pasar monopoli seperti : Perusahaan Listrik Negara (PLN) ,Perusahaan Kereta Api (PT. KAI)
- Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor, industri baja, industri rokok, industri air mineral.
- Contoh produk Pasar Monopolistik adalah:makanan ringan (snack), pulpen, dan buku.
  
D. Kelebihan dari Pasar Tersebut
a.       PASAR MONOPOLI
                         Kebaikan pasar monopoli:
-  Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli.
-  Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya.
- Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
b.      PASAR OLIGOPOLI

Kebaikan pasar oligopoli antara lain sebagai berikut.
-  Industri-industri oligopoly bisa mengadakan inovasi dan penerapan teknologi baru yang paling pesat,
-  Terdorong untuk berlomba penemuan proses produksi baru dan penurunan ongkos produksi,
-  Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.
 c.       PASAR MONOPOLISTIK
Kebaikan pasar monopolistik antara lain sebagai berikut.
-  Konsumen memiliki banyak pilihan barang.
-  Produsen dapat menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu pasar karena tidak ada persaingan.
-  Masing-masing monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri karena memiliki pasar (konsumen) sendiri-sendiri.
E. Kekurangan dan Kelemahan
a.       PASAR MONOPOLI

Kelemahan pasar monopoli:
-  Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
-  Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
-  Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
Untuk mencegah timbulnya dampak negatif adanya monopoli, maka pemerintah harus ikut campur tangan, misalnya dalam hal penetapan harga maksimum dan penetapan Undang- Undang Antimonopoli atau UU yang mengatur ekspor impor.
b.      PASAR OLIGOPOLI
Kelemahannya antara lain sebagai berikut.
-  Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar (excess profit) yang dinikmati produsen.
-  Tidak efisiensi produksi karena setiap produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum.
-  Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh.
-  Terdapat kenaikan harga / inflasi yang merugikan masyarakat secara makro.
c.       PASAR MONOPOLISTIK
  Kelemahannya antara lain sebagai berikut.
-  Tidak efisiennya produksi karena produsen tidak berproduksi dengan biaya rata-rata yang minimum.
-  Terlalu banyak perusahaan kecil.
-  Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut


F. Kesimpulan

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, atau bentuk pasar di mana salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Terdapat tiga bentuk model umum di pasar persaingan tidak sempura yaitu: Pasar monopoli, Pasar oligopoli, dan Pasar monopolistik.
Pasar monopoli adalah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang dapat menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni). Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Contoh pasar monopoli seperti : Perusahaan Listrik Negara (PLN) ,Perusahaan Kereta Api (PT. KAI).
Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen. Contoh produknya adalah:makanan ringan (snack), pulpen, buku.
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor, industri baja, industri rokok, dan industri air mineral.

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa Announces $2.6B - JTA Hub
    Borgata 평택 출장샵 Hotel Casino 밀양 출장안마 & Spa announced today it has committed to expanding its 여주 출장샵 poker room with a 전주 출장샵 $2.6B expansion for 나주 출장샵 the Borgata.

    BalasHapus